Pengalaman adalah Guru Paling Buruk

Anti thesis ini hanya merupakan celotehan belaka, yang entah berlaku (hanya) di Indonesia atau secara umum di seluruh belahan bumi ini.

Entah ngak tau kenapa saya sering mendengar orang mengatakan,”Jadikanlah pengalaman, dan ambil pelajaran dari pengalaman tersebut…”, dan berbagai macam varian lainnya sebagai penyambung kalimat “Jadikanlah pengalaman..bla..bla..bla…” tersebut. Dan semua arti dari kalimat tersebut adalah mereka mengalami kegagalan atau peristiwa buruk pada masa lalu, tidak pernah orang yang sukses atau berhasil mengatakan atau mendapatkan komentar “Jadikanlah pengalaman…” biasanya cerita sukses akan mendapat komentar berupa pujian-pujian.

Pengalaman memberikan ujian tanpa terlebih dahulu memberikan materi ujian sebelumnya. Sehingga terkadang “Pengalaman adalah Guru yang Paling Buruk”. Terkadang orang mengatakan pengalaman adalah guru yang paling baik, orang mengatakan demikian agar si orang yang belum berpengalaman merasakan pahit getirnya suatu peristiwa. Ah hanya teori, kamu kan belum punya pengalaman, tidak segampang itu lho….Bukankah kita tidak perlu mengalami atau merasakan pengalaman itu sendiri, kita cukup mengambil intisari pembelajaran dari pengalaman-pengalaman orang lain, hal ini dapat kita lakukan dari belajar melalui buku, guru atau kejadian/alam sekitar kita.

Semakin mbulet nih, mungkin perlu simplifikasi sedikit….

Intinya, pengalaman bukanlah guru terbaik. Mungkin guru terbaik bisa datang dari cerita orang, cerita guru-guru kita, cerita dari buku-buku yang kita baca, telaah dan analisa pribadi berdasarkan tools-tools tertentu dan sebagainya.

Orang hebat bukanlah orang yang punya pengalaman segudang tetapi orang yang mampu mengantisipasi dan menyikapi segala kejadian dengan cepat, tepat dan efisien.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: