Kesederhanaan Seorang Presiden Iran

” Tuhan mencintai siapa yang merendah dalam kehidupan pribadinya! “

(Tulisan dibawah saya dapatkan pada awal tahun 2008 email dari rekan sekantor, tidak saya edit atau tambah-tambah, saya benar2 terkesan dan tidak tahan menyimpannya sendiri, sehingga saya putuskan untuk berbagi dengan sadulur)

TV Fox (AS) menanyakan pada Presiden Iran Ahmedi Najad; “Saat anda melihat di cermin setiap pagi, apa yang anda katakan pada diri anda?”

Jawabnya: “Saya melihat orang di cermin itu dan mengatakan padanya:”Ingat, kau tak lebih dari seorang pelayan, hari di depanmu penuh dengan tanggung jawab yang berat, yaitu melayani bangsa Iran .”

Berikut adalah bagaimana penyiar menggambarkan diri sang Presiden Iran tersebut.

Ahmedi Najad, adalah presiden Iran yang membuat orang ternganga, karena pada saat pertama kali menduduki kantor kepresidenan Ia menyumbangkan seluruh karpet Iran Istana yang sangat tinggi nilai maupun harganya itu kepada masjid2 di Teheran dan menggantikannya dengan karpet biasa yang mudah dibersihkan.

Ia mengamati bahwa ada ruangan yang sangat besar untuk menerima dan menghormati tamu VIP, lalu ia memerintahkan untuk menutup ruang tersebut dan menanyakan pada protokoler untuk menggantinya dengan ruangan biasa dengan 2 kursi kayu, meski sederhana tetap terlihat impresive.

Di banyak kesempatan ia bercengkerama dengan petugas kebersihan di sekitar rumah dan kantor kepresidenannya.

Di bawah kepemimpinannya, saat ia meminta menteri2 nya untuk datang kepadanya dan menteri2 tsb akan menerima sebuah dokumen yang ditandatangani yang berisikan arahan2 darinya, arahan tersebut terutama sekali menekankan para menteri2nya untuk tetap hidup sederhana dan disebutkan bahwa rekening pribadi maupun kerabat dekatnya akan diawasi, sehingga pada saat menteri2 tsb berakhir masa jabatannya dapat meninggalkan kantornya dengan kepala tegak.

Langkah pertamanya adalah ia mengumumkan kekayaan dan propertinya yang terdiri dari Peugeot 504 tahun 1977, sebuah rumah sederhana warisan ayahnya 40 tahun yang lalu di sebuah daerah kumuh di Teheran. Rekening banknya bersaldo minimum, dan satu2nya uang masuk adalah uang gaji bulanannya. Gajinya sebagai dosen di sebuah universitas hanya senilai US$ 250. Sebagai tambahan informasi, Presiden masih tinggal di rumahnya. Hanya itulah yang dimilikinyaseorang presiden dari negara yang penting baik
secara strategis, eko nomis, politis, belum lagi secara minyak dan pertahanan.

Bahkan ia tidak mengambil gajinya, alasannya adalah bahwa semua kesejahteraan adalah milik negara dan ia bertugas untuk menjaganya.

Satu hal yang membuat kagum staf kepresidenan adalah tas yg selalu dibawa sang presiden tiap hari selalu berisikan sarapan; roti isi atau roti keju yang disiapkan istrinya dan memakannya dengan gembira, ia juga menghentikan kebiasaan menyediakan makanan yang dikhususkan untuk presiden.

Hal lain yang ia ubah adalah kebijakan Pesawat Terbang Kepresidenan, ia mengubahnya menjadi pesawat kargo sehingga dapat menghemat pajak masyarakat dan untuk dirinya, ia meminta terbang dengan pesawat terbang biasa dengan kelas ekonomi.

Ia kerap mengadakan rapat dengan menteri2 nya untuk mendapatkan info tentang kegiatan dan efisiensi yang sdh dilakukan, dan ia memotong protokoler istana sehingga menteri2 nya dapat masuk langsung ke ruangannya tanpa ada hambatan. Ia juga menghentikan kebiasaan upacara2 seperti karpet merah, sesi foto, atau publikasi pribadi, atau hal2 spt itu saat mengunjungi berbagai tempat di negaranya.

Saat harus menginap di hotel, ia meminta diberikan kamar tanpa tempat tidur yg tidak terlalu besar karena ia tidak suka tidur di atas kasur, tetapi lebih suka tidur di lantai beralaskan karpet dan selimut.

Apakah perilaku tersebut merendahkan posisi presiden?

Lihat foto2 berikut yang menegaskan penjelasan di atas.

Presiden Iran tidur di ruang tamu rumahnya sesudah lepas dari pengawal2nya yg selalu mengikuti kemanapun ia pergi. Menurut koran Wifaq, foto2 yg diambil oleh adiknya tersebut, kemudian dipulikasikan oleh media masa di seluruh dunia, termasuk amerika.

Sepanjang sholat, anda dapat melihat bahwa ia tidak duduk di baris paling muka.

Dan foto terakhir memperlihatkan ruang makan dimana presiden sedang menikmati makanannya.

iran_president_2iran_presideniran_president_3iran_president_4iran_president_5iran_president_6iran_president_7

31 Tanggapan

  1. Tiap baca ini, biar repost tapi tetep aja seneng.

    Entah kenapa hal2 seperti ini gak diekspos ke TV2 Indonesia yah? Apa karena media2 di Indonesia udah dipegang AS dan sekutu2nya semua?

    • padahal hal seperti ini adalah contoh teladan bagi pemimpin. Saya sampai menyimpannya utk mengingatkan saya sebagai pemimpin keluarga…hehehehe

  2. merinding saya bacanya…
    thanks for infonya

  3. pas pertama kali saya baca artikel ini.begitu terngeah ,haru,menagis meskipun pada hakikatnya saya di ciptakan lelaki.tapi rasanya malu pada diri sendiri.jauh memandang kearah sana apalagi negara kita sudah di bawa keawang-awang oleh negara zionis amerika dan sekutunya.mereka selalu mempertontonkan kemewahan terhadap dunia pana, binasa,yang nantinya akan menyiksa kita.ya allah kapan negriku punya pemimpin teladan yang banyak di doakan oleh para malaikat seperti halnya presiden iran.sungguh terpuji dan di muliakan negara itu.negara yang di pimpin oleh ahmadinejad pemegang prinsip islam yang dimuliakan amiin.ya allah lindungilah pemimpin yang seperti itu.aku berdoa padamu untuk saudaraku di negri islam iran.

  4. menurut saya klo hal begini sampe dipublikaskan di indonesia kayanya pemerintahan dan instansi terkait nya bakalan pada MALU and mukanya pada merah. makanya ga di tayangin di TV. pemerintah pasti tahu tentang artikel ini tapi pada ga punya muka ( udah pegat syaraf malunya). jadi pada pede klo pamer kemewahan…..

  5. Saya sungguh kagum dengan kepribadiannya yang sangat sederhana dan berhati mulia..semoga dia selalu dalam lindungan allah swt…amin,,

  6. saya salut pd presiden Iran yg bersahaja dan sederhana. Amiin ternyata di dunia sekarang ini masih ada dan ada org yg mengikuti jejak Rasulullah dan ahlul baitnya sebagai pemimpin yg amat sederhana dan lebih mementingkan rakyatnya dr pd dirinya sendiri. Amiiin. BERJAYALAH IRAN, KAMI MENDUKUNG MU.

  7. Bisa engga ya pemimpin kita kaya begini…???

  8. Pokoknya Pabila terjadi apa2 dengan om Mahmoud Ahmadinejad aku siap Mati berkorban utk_a…

    Hati-hati yach Amerika

  9. semoga Om Ahmedi najad diberi kekuatan oleh Allah SWT menghadapi gonjang ganjing di Iran saat ini.

  10. Allah hua akbar…………Allah hu akbar……………Allah hu akbar…………

    itu lah contoh presiden dambaan saya……………>>?

    seandainya presiden indonesia mempuny ai sifat seperti beliau…………?

  11. kalau diizinkan untuk copaz artikel ini…

  12. aku kagum bgt sama artikel ini…
    makasi bgt udah ngingetin aku dengan ini…
    aku minta izin iia…
    bole gga aku copaz artikelnya??
    tapi tenang,,
    ntar aku sebarin ko link ini…

  13. Silahkan….monggo kerso mbak….

  14. Masya allah..

    saya terharu sekali membacanya

    Mas saya repost di FB notes saya ya..

    saya kasih linkna blog mas..

    many thanks..

  15. ga diekspos di Indonesia, mungkin krn ga mau bikin malu para pemimpin negeri ini. hehehe…

  16. Ijin nge re-post ya.. semoga bermanfaat buat yang lain juga..

  17. law da ai indonesia sperti ne mngkn indonesia g k gini

  18. bukan sekedar pemimpin iran tp pemimpin untuk negara islam juga,. seperti hal nya salahudin rohimahullah,.

  19. yaAlloh trnyata masih ada yah yang masih mengamalkan islam secara serius,ga tergonjang ganjing zaman,mari semua berdoa untuk keselamatan bapa presiden yang mulia ini,dan berdoa untuk presiden negeri kita supaya lebih memikirkan rakyatnya,jangan hanya membebani saja…
    mohon izin repost………………

  20. hebat . . . . . . . merinding juga bacanya. presiden kita bisa ga . . . . . . .?

  21. Subhanallah,,,,,,,,,,,,,sungguh terharu jadi na,,,,,,,,,,

  22. Subhanalloh.. Figur Pemimpin negara yang mencontoh Rasulullah SAW.. Semoga suatu saat nanti akan ada Putra Bangsa Indonesia yang bisa memimpin negeri ini seperti Om Ahmedi Najad.. Amiin Ya Alloh..

    ijin share link yah om…?

  23. kapan presiden Indonesia bisa seperti ini..

  24. sby ga mw kyknya tidur di lantai,,takut kurus

  25. Subhanallah, semoga di indonesia ada presiden seperti Mahmud amhadinejad

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: