Keunggulan BlackBerry

1Beberapa minggu yang lalu di milis SMA ku terjadi keributan, gara beberapa anak telah menggunakan BlackBerry (selanjutnya dinamakan binatang, karena bermuasal dari kata Berry-Berry Hitam (ngarang)). Sebenarnya binatang ini hanyalah mobile device yang mempunyai keunggulan utama push email, dimana email-email yang masuk langsung dikonversi ukurannya, di-scan virus serta bisa menampilkan dan meng-edit dokumen-dokumen besutan Microsoft Office dan PDF. Sebagai tambahan, kita dapat mengakses Google Talk, Yahoo Messenger, maupun Blackberry Messenger secara bersamaan. Pokoknya jika kita menggunakan binatang tersebut, kita berasa bekerja didepan PC atau Laptop deh, hanya saja dalam bentuk mini (sekaligus kelemahannya nih).

Pengen beli, tapi harganya kok mahal ya…Apakah tingkat utility-nya bagi saya sudah sedemikian tinggi, ternyata tidak juga, kalopun saya harus meeting ke client atau dinas keluar kota, saya masih bisa menggunakan Laptop tercinta dengan WiFi-nya ataupun connect dengan HP tersayang. Dikendaraan pun saya lebih memilih untuk konsetrasi menyetir. “Utamakan Selamat”, begitu kata suatu iklan. Akhirnya saya putuskan, sementara ini, ngak beli dulu deh. Engkau tak masuk daftar belanja saat ini.

Selidik punya selidik, ternyata, entah benar entah salah, produk ini memiliki selling point yang tidak diungkapkan dalam kampanye pemasarannya, yaitu menimbulkan image bonafide, exclusive dan seabrek atribut hedon lainnya bagi si pengguna, walaupun sang pengguna ada nun jauh disana. Karena ketika pemakai binatang ini menggirimkan pesan, diakhir kalimat akan ada signature seperti ini:

Sent from my BlackBerry® powered by Sinyal Kuat INDOSAT

Powered by Telkomsel BlackBerry®

Ternyata keunggulan utama Binatang ini adalah….

“KESOMBONGAN JARAK JAUH”

50 Tanggapan

  1. itu option, bisa dihapus. Jadi gak default selalu ada embel2 belakangnya cing. But people may choose to keep the label on or they just don’t know how to make it off perhaps … do not make general judge dude. That’s not professional.

  2. Gw stuju bgt sm miing..that’s not professional.

  3. Setuju

  4. Itu kan cuma masalah settingan aja,bisa diubah kok,jangan cepat memvonis gitu dong!

  5. payah postingannya, ga berimbang banget tulisannya. loe perlu cek lagi kualitas tulisanmu., kayaknya benci amat ama gadget blackberry yang satu ini. sama sekali ga dapet gua ilmunya dari loe. ga bermanfaat sama sekali.

    • Wah, banyak yang tidak berkenan. Sebenarnya fitur sign dengan menyebutkan Blackberry itu memang dicreate oleh pemilik merk utk promosi juga kok. Disini penulis hanya ingin menyuguhkan fenomena yang banyak terjadi pada kehidupan penulis dalam melakukan tugasnya….Its powerfull gadget kok. Dan saya tidak membencinya…sungguh…atau bahkan mendeskriditkan gadget tersebut, yang sy sindir hanya pemakainya yang belum fit dan faham akan penggunaan gadget2 canggih. Hehehehe…mohon maaf deh.

  6. bagi yang tahu, ajarin dong gimana caranya ngapus signature sent by bb itu. ajarin ya…thx

  7. “It’s powerfull gadget?yg d sndir hanya pmakainy yg belum fit dan paham?”

    Tp ko isi postingny ga mnggambarkan y?ehmm,trdngar sgt defensif y..
    Skrg mri kt rubah keadaanny,anda seorang pngguna blackberry dan merasakan mnfaat gadget ini scr langsung,kemudian anda mmbaca tulisan spt ini. Ap yg anda rasakan?kmudian kr2 ap y tnggapan anda..

  8. Gue bukan pemakai blackberry, tapi menurut gue blackberry emang banya keunggulannya kok… rasanya kita nggak perlu jadi sinis dengan suatu barang yang kita nggak suka, bijaksanalah memilih kata2 supaya nggak jadi dikatain ngiri.
    heheheh….

    Harga blackberry gue rasa sesuai dengan mutunya.

    Kalo buat orang2 yang cuman bisa SMS & Nelpon doang sih emang nggak butuh pake blackberry, kecuali kalo pengen buat gaya ^_^

  9. Blackberry menurut gue cuma gaya-2an orang kota aja yg 75% pemakainya ga ngerti pakenya & cuma 25% yg betul-2 bisa, jadi ya..,cuma buat naikin derajat doang kali ye, pake hp jadul yg ada gprsnya aja belum tentu ngerti..,betul? Klo tidak betul-2 di gunakan ya sebaiknya jangan di beli, klo alasan untuk chat murah, hp gprs juga udah bisa lewat ,ym tiny, e-buddy, dll ketimbang harus pake blackberry yg harganya muahal ,plus iuran bulanan 150rb untuk BIS, mending buat beli pulsa, gimana betul?

  10. BlackBerry ya? maklum deh, saya setuju dengan profesor X, saya tambahkan deh, akuilah wahai engkau orang sombong(75% pemakai berry yg gatek), engkau hanya ingin menunjukan isi dompet anda, bukan untuk keperluan IT supersibuk, tapi percuma kalian dinasehatin karna kesombongan kalian telah mengalahkan semuanya yg kalian anggap miskin IT & MONEY, padahal IT kalianpun bisa dikategorikan pemula.., puisi ‘orang sombong hanya memamerkan uangnya lewat BlackBerry, warning yg tidak setuju bearti orang yang dimaksud!

  11. Hmm.. Kalo gaptek mgk setiap oranh awalnya gaptek, tapi kalo dia emang mau pke bb knapa gak? Toh itu juga buat kemajuan bangsa, asal tuh bb digunain dengan semestinya..
    Menurut gua jangan terlalu sinis seperti itu, apa yang ada di orang lain yah biarin aja, kalo kita anggap mereka pada pamer bukannya artinya sinis..
    Gua bilang bb ok bgt kok.. Buat chating n terkoneksi ama dunia luar.. Go bb

  12. @dewi
    Rupanya loe salh atu org yg 75% itu sombong! Sapa yg sinis! Buktinya yg 25% yg benar-2 pake ga gue sindir, klo masalah chat, di hp bergprs uda bisa kale! Klo demi kemajuan bangsa itu salah besar!BB cuma sebuah alat yg kecil & terbatas,
    Mana mungkin alat seperti itu bisa bikin bangsa maju, yg ada jadinya pada ikut budaya PAMER!klo mau maju IT-nya warnet bnyk cukup sehari 1jam=4rb x 1 bln =120 rb,klo BB mau chat & email 1bln loe hrs langganan BIS 150 rb+beli
    BB yg mahal itu, PIKIR PAKE OTAK!

  13. @dewi
    Aku kerja di IT , BB itu brg bagus kok..🙂 ,tapi brg tsb ga bakal bikin bangsa ini maju sayang, dimana-2 orang kalo mau maju ga harus pake barang mahal yg penting mau belajar, itu doank, klo pake BB demi kemajuan bangsa ya itu keliru sekali, bangsa kita masih susah, cobalah dari pada anda-2 sekalian yg cuma beli BB utk pamor, peka thdp pendidikan di negri kita, lebih baik uangnya utk bantu mereka agar bangsa ini maju, & bukan dgn pake BB , yg ada klo copet lewat BBnya hilang & nangis darah pastena..

  14. ih…capek deh…orang sombong ma orang ngiri pada ribut gak jelas ……
    KITA semua (bukan hanya lo,gue, kalian….tapi kita semua), mendingan INTROPEKSI…
    Biar kita bisa lebih ber etika layaknya seorang manusia…

    peace…

  15. @yusanto
    Heh..! ORANG GILA..! gue saranin loe intropeksi diri loe aja di RUMAH SAKIT JIWA …OC

  16. – Plus minus selalu ada, salah kurang selalu jadi bumbu. Mari kita berparadox yang sehat, sarkasme, sinisme silahkan dihadirkan, tapi jangan sampai main hati….Mohon jangan maen perasaan, mari perkaya cipta rasa terhadap pendapat yang berbeda. Matur suwun sanget….

  17. haha sirik..

  18. Justru Orang yang tidak ” Menghargai Pendapat ” Orang lain yang membuat bangsa ini lebih hancur…..!
    Baik kekurangn maupun kelebihan ada manfaatnya…!

    peace juga…!

  19. saya mengerti apa maksud pak budhi, mungkin cara penyampaiannya yang kurang jelas. memang banyak pemakai BB yang tidak memaksimalkan pemakaiannya. sama seperti pejabat minta budget laptop harga 20jt, tp memakai Microsoft Word aja masih pada gak bisa. sama dengan yg saya lihat bb, anak umur 13thn aja pada memakai bb. kalo bicara statistik saya tdk bisa bilang, tapi yg saya lihat dengan mata kepala sendiri memang begitu,banyak pemakai yang beli hanya karena trend saja.nanti kalo ada alat baru juga org2x beralih ke alat baru. korban trend hihihi……sebagai pedagang, yah bersenang2xlah. manfaatin keuntungan sesaat sebelum ada barang baru keluar lagi. aji mumpung pola pikiran pembeli seperti itu,manfaatinlah yg penting DUIT dan PROFIT

  20. @penulis: Budhi
    @yuki
    kalian iri…karena ga bisa beli BB…

    BB ga mahal kok coz sesuai dengan keunggulannya & kualitasnya…
    lu aja yg ga mampu…bilang ini barang mahal…
    ga ngerti teknologi..

    semua ini bergantung pada pemakainya…bukan pada BB..

    penulis ga ngerti prinsip jurnalisme..tidak boleh memihak..harus membuat tulisan yg netral…

    • @ suwi
      Kalian semua ini jgn mengaku bisa ngerti teknologi, hanya karena pake BB, kalian hanya bisa beli teknologi saja, menurut saya kalian itu orang bodoh semuanya, kalau kalian pintar pasti kalian sudah bisa bikin & produksi BB, HA HA HA HA, saya lihat orang yg tinggal di indonesia bodoh semuanya(pribumi & non pribumi/keturunan), mestinya kalian contoh negara china, mereka sudah bisa bikin BB yg keunggulannya sama,apa kalian tau negara kalian sudah ditertawakan dimana-mana, karena kebodohan kalian…

  21. kl mnrt gw,bnyk yg pake BB gara2 facebook….hehe…parah bgt dah…

  22. aduh dsr org indonesia tetep aja penyakitnya..SIRIK.. Trsrh mrk dong pake BB atw ga,toh belinya pake uangnya sendiri,ga minta pada kalian2 yg sirik. Klu ada yg pake BB,kita sukuri aja saudara kita sebangsa udh ada yg pnya BB,biar ga ketinggalan dg ngra lain.. Beli pake uang sndri koq resek,mau di pake mau diinjak2 trsrh dong. Aq jg ga pnya BB tp aq jg ga suka klu msh ada org resek di negeri ini..

    • @ahsan
      Setuju banget tuh….
      Itu sirik tanda tak mampu,,,,
      pengen ngerasain teknologinya BB, tp gak sanggup bli,,

  23. @suwi & @ahsan bukannya saya iri, bukannya ga mampu beli BB, KALIAN INI PIKIRANNYA PADA CETEK BANGET, KAN DARI AWAL KOMENTAR SUDAH DIJELASKAN! 75% org yg cuma buat PAMER lebih baik ga usah PAKE!yg 25% org yg Betul membutuhkan mobile tinggi GA SAYA LARANG! JUSTRU KARNA ORANG INDONESIA ITU SUKA PAMER! UDAH GA ADA DUIT AJA NGUTANG SANA -SINI, ITU BUDAYA BURUK, DASAR ORANG BEGO, SEMOGA AJA SUATU HARI ANDA-2 INI JADI ORANG MISKIN, PASTI MATA KALIAN AKAN TERBUKA….ORANG SOMBONG ITU AKAN DIKUTUK OLEH YG KUASA

    • Bantai trus ampe mati!

    • @ Yuki dan lain-lain
      haduh…jadi orang tuh jgn seperti itu, bisa kasih presentase dari mana yang pake BB sombong, orang yang ndak pake BB juga Sombong kok. bukan BB nya yang disalahkan tapi orangnya. Kesombongan yg bisa melihat hanya Tuhan. mungkin anda benar, tapi juga bisa jadi salah. yang pro terhadap BB silahkan pake sesuai dengan kemampuan anda. Kalau memang ada uang, dan tidak sombong kenapa tidak. dan Yang Kontra silahkan saja, semua boleh berpendapat.

  24. Saya kira fenomena bb wajar koq. Mungkin di negara lain terjadi juga (mungkin sich). Tp bagi saya bb msh belum perlu untuk saya gunakan saat ini, entahlah nanti? Sekarang saya masih cinta ama nokia n96 saya. Toh untuk emailan seperti di bb, sekarang nokia menyediakan aplikasi baru yg dinamai “nokia email” dimana kita dapat beremail ria semudah sms (bukan promosi lho, he99) Bagi pemakai nokia coba aza meluncur di http://www.email.nokia.com untuk melihat kompatibilitas hp nokia anda.
    so guys.. Semua terserah pada anda sendiri untuk menilai. Thanks

  25. Numpang ikutan : barusan browsing dapet komen bagus dari situs http://pupuuts.blogspot.com/2008/11/apa-sih-keunggulan-blackberry.html. Kesimpulan saya semua pendapat diatas dikembalikan ke pribadi masing masing aja, karena mau gak mau kita masing2 punya karakter yang berbeda, ada yang berbudaya konsumerisme, ada yang memanfaatkan sebisa mungkin fasilitas yang ada. dan mungkin ini menunjukkan bahwa kita yang tidak mampu membeli teknologi mungkin bisa lebih maju dari org yg mampu membeli teknoli asalkan STOP DREAMING START ACTION !
    kalau cuma butuh fasilitas internet saya rasa sangat disayangkan jika harus merogoh kocek dalam untuk membeli Blackberry, ini ada tips untuk pengguna ponsel nokia symbian untuk dapat secanggih fitur BB :
    1. Push E-mail : pakai yahoo go 3.0
    2. Facebook : pakai snaptu
    3. Yahoo Messenger : pakai nimbuzz
    4. GPS : pakai Google Maps
    5. dan masih banyak lagi aplikasi java maupun symbian yang dapat kita download secara free di : http://www.getjar.com

    • tanx bozz,,
      solutif banget comment loe….
      masalah bener salah mah gak bakal ada abiznya,,
      mending kita tawarkan solusi aja,,
      mau bilang salah ya jangan dipake,,
      kalo sepakat ya jangan gengsi tu bilang TANX….
      ok,,
      keep spirit guys…..

  26. Pak TS atau rekan lain nya, saya baru di blog ini.
    Saya minta tlg dibantu bagaimana cara utk merubah signature Indosat Signal Kuat ?

    Mohon dibantu ya pak/bu.

    Jika berkenan dapat mengirimkan nya ke alamat email saya : jam_rock83@yahoo.com

    tks
    Hendrix

  27. wah…wah…wah…
    kok pada ribut ya??

    gw lagi berencana beli BB..
    tapi mau survey dl..
    search google malah dapet ginian…
    postingannya keren..
    gak masalah kok berpendapat..yang dibawah2 pada komen ya sesuai intepretasi sendiri aja..
    yang bilang sirik ya monggo…

    tapi buat hostnya: keep posting kawan!
    gw dapet manfaatnya..jadi tau kalo ternyata gw belom terlalu perlu BB.
    w880i gw juga udah bisa dipake chatting, facebookan, dll..
    tapi emang belom bisa push mail sih…
    walalupun emang sering butuh mail, tapi kayaknya 5 hariX8 jam di kantor udah bisa memenuhi deh..
    kalo mau sombong, pake mail biasa di yahoo bisa ganti signature juga: sent from my blacberry, inspired by cranberry, taste like strawberry..
    :p

    sory BB, out of my bucket dulu ya!!
    :p

  28. wah…
    keren keren……..

  29. ahaay…bwd pro kontra d atas bnr2 seru… sbenernya saya jg dlm kondisi bingung2 pengen… ;p … Tw BB ud dr dlu sblm msuk indo gra2 bca chicklit…lgsg pnasaran… trus wkt msk indo…smbtn nya ud kya gula yg d tmphn k sarang semut…. tmen2 pda punya jg… jd lah brosing tanya kiri kanan…ttg pbndingan knggulan BB,iPhone,smartphone…ma hp ak skrg… sampe detik ini…hsl2 jwbn yg ak dpt dan ksesuaian antara kantong n kbtuhan msi pada hp hsdpa biasa dgn dkungan pulsa yg ckp…scara twarn BB..ttg email chat browsing msi tcover smua ma hp ku…push email jg bs th… yg g bs plg wifi… it pn ak lbh mantep pk laptop…scara layar na gde…lbh mantep…jadi ksimpulan nya hrs mnekan keingnan bwd gaya n ikt tren BB krn memang blm bth BB… INTINYAAA…bkn sirik ato gmana…pake gadget it sesuai kbtuhan dan kpasitas pengetahuan…jgn sampe lbh2…mending2 klo blajr cpt ngerti…klo ujung2nya cm telpn n sms kn syang bgt…byk tmen yg pke yg ak tanya ttg sistem n keunggulan…g bs jwb dgn pasti…rata2 cm tw pmukaan nya aj…ato emg bwd gaya…ak c rada kasian ma yg kya gt… tp slh satu fungsi gadget keren kan emang untk n gaya2an….dan it sah bgi org yg demikian dgn kmampuan kantong yg mckupi…

  30. hwahahaha…
    sales Blackbarry dan sales hape China pada ribut!! wakakaka..
    Piiis bro, damai!!! Yang penting sama-sama bayar pajak, bukan Blackmarket🙂

  31. Diliat dari postingannya… aneh komentar2 kalian.. hehe… just my opinion,

    kenapa cm masalah bb aja ribut.. haha..gw ngakak bgt liat postingan2 kek gini..

    blackberry mahal, ho oh.. bisa dimengerti.. jangan samain dunk sama hape2 biasa, soner lah, nokia lah, motorolla lah… , coba disandingin sama smartphone lainnya, seperti htc, soner aino, iphone, nokia smartphone.. , yang harganya menurut gw over price banget..

    klo gw bandingin dengan hape2 smartphone lainnya.. em.. bb lumayan terjangkau bro.. ga mahal buat smartphone.., plis deh..

    semua orang punya alasan sendiri make bb… masalah prosentasi yang 75% lah bla bla bla.. itu cuma perkiraan aja kan? ada data real nya? klo ketepatan informasinya masi abu2 gitu jangan diributin.. malu bro.. jd keliatan bodo.. wkwkw…

    gw suka bb, gw suka iphone.. ,apalagi htc heroo.. wuiih..
    but… no doku..😀 still , soner with convensional keypad…
    ^__^ piece..

    @miing, @fangfang — setuju gw

    • hihihihi….senam otak dan berpolemik, ternyata audience ada yg pro kontra. Nanti biar masing2 individu yang mendapatkan insight-nya masing2, kalo ada, klo ndak ada ya, kita senyum2 aja….

  32. Kalo menurut gua hanya orang bodoh, yang beli blackbarry cuman buat nelpon dan smsan

  33. Salam kenal Mas Budi, Saya suka sekali tulisan anda. Memang kurang berimbang tapi ini toh blog anda…Your Blog,Your Rule. Tidak perlu minta maaf, toh orang-orang yang baca tulisan dan kasih komen tidak menggaji anda. Dan bukan tidak mungkin mereka dibayar oleh RIM untuk menjelek-jelekkan tulisan anda.

    saya hendak beli HP, banyak yang kasih saran buat beli BB saja. Menurut saya gadget ini biasa banget. Tidak ada istimewanya. Tapi masalahnya saya kerap dicibir karena tidak gaul BBMan. Ada saran?

  34. Setuju, ky bos q korban kebodohan blackberry. Punya BB cuma telp & SMS.

  35. Buat yg punya BB…….coba cek dalam hati apa motivasi utama anda beli BB………….gak bisa dipungkiri kalo BB akan membuat HARGA DIRI seseorang naik diatas rata – rata ( ini kenyataan ) karena setiap orang yg punya BB pasti pernah jadi sombong dan mengejek HP temannya yg bukan BB biar cuman 1 detik dan dalam hati ( hayoooooo…gak ngakuuuuuuuuuu…….hehehehehehe ). tapi itu hak masing – masing orang. Buat yg pengen harga diri naek tapi gak bisa beli BB…mending beli stiker BB ( 10 rebuan ) aja. tempelin / tutupin ke merk HP cina / lama……..Nah bawa pake tangan.tunjukin kemana – mana…..hehehehehehe.

  36. iya,pada kenyataannya orang2 pke bb hanya buat sms,telp&fcebook..hohoho….sgt bodohhhhh….

  37. Intinya, pilihlah gadget yang sesuai dengan kemampuan dan kebutuhan anda..ada benarnya juga klo gadget high end tapi pemakaiannya tidak maksimal, malah kelihatan BAHLUL nya…( kata Bang Mahdit Musyawaroh,ahli ibadah & shodaqoh yang Low Profile)

    Kalau saya memang mobile dalam pekerjaan, sehingga BUTUH fitur-fitur seperti itu..bukan PENGEN…

    ” ..hiks..hiks..kapan aku bisa beli Blackberry..”

    – jeritan hati seorang karyawan kontrak-

Tinggalkan Balasan

